Hubungan Perilaku Kecanduan Game Online Dengan Kecerdasan Emosional Remaja Di SMA Sejahtera 1 Depok
(1) , Indonesia
(2) , Indonesia
(3) , Indonesia
Corresponding Author
Full Text: Language : id
Submitted : 2019-10-28
Published : 2020-05-15
Abstract
Kecanduan game online adalah kecanduan yang disebabkan oleh teknologi internet yang menyebabkan remaja menghabiskan banyak waktu untuk bermain game dan tidak dapat mengendalikan diri untuk tidak bermain game yang mempengaruhi perkembangan emosi remaja. Kemampuan untuk mengendalikan emosi adalah penting pada masa remaja, jika mereka tidak mampu mengendalikan dan mengelola emosi. itu akan membuat kegagalan dalam mengendalikan perilaku. Karenanya remaja membutuhkan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan game online dengan kecerdasan emosi pada beberapa remaja di SMA Sejahtera 1 Depok. Desain penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan teknik deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling sebanyak 193 remaja. Analisis univariat menggunakan uji distribusi rata-rata, proporsi, dan frekuensi. Analisis bivariat menggunakan uji spearmen, dengankesimpulanbahwa ada hubungan yang bermakna antara kecanduan game online dengan kecerdasan emosi remaja di SMA Sejahtera 1 Depok (pValue 0,029 <0,05. Disarankan kepada sekolah untuk meningkatkan disiplin dan mendorong keterlibatan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler.
Game online addiction is an addiction caused by internet technology that causes teenagers spend a lot of time to playing games and can’t control themselves to not playing games that affect the development of teenager emotions. The ability to control emotions is important in adolescence, if they not able to control and manage emotions. it will make a failure in controlling behaviour. Adolescents need emotional intelligence. This study aims to determine the relationship between online game addiction with the emotional intelligence to some teens in SMA Sejahtera 1 Depok. The research design was analyzed quantitatively using analytical descriptive technique with cross sectional approach. Sampling technique with simple random sampling counted 193 adolescents. Univariate analysis uses average distribution, proportion and frequency test. Bivariate analysis using spearmen test. From the results of spearmen statistical test can be concluded that there is a meaningful relationship between online game addiction with teen emotional intelligence in SMA Sejahtera 1 Depok (pValue 0.029<0.05. It is suggested to school to improve discipline and encourage student involvement in extracurricular activities.
Keywords
References
Anggraini, FK., (2015). Internet Gaming Disorder: Psikopatologi Budaya Modern. Vol 23, Juni 2015, hlm.1 – 12.
Andriyanto., (2016). Pengaruh penggunaan game terhadap kecerdasan emosional siswa kelas VI SD Percobaan 2 Yogyakarta.
Arjadi, R., (2015). Adiksi Game Online pada Remaja dan Cara Bijak Menyikapinya, Kompas.com 11 februari 2015, diakses 4 maret 2018 https://sains.kompas.com/read/2015/02/11/20 0000523/adiksi-game-online-pada-remajadan-cara-bijak-menyikapinya
Al-Munajjid, SM.,(2016).Bahaya Game, Aqwam, Solo.
Che, D, Jianping Hu, Shuangju Zhen, Chengfu Yu, Bin Li, Xi Chang, and Wei Zhang., (2017). Dimensions of emotional intelligence and online gaming addiction in adolescence : the Indirect effects of two facets of perceived stres, Vol 8, July 2017, hlm 1-8
Choi, I, Na, E, Lee Taek Ho, Hyeseon lee, Mi Jung ho, Hyun Cho, Dong Jing Jung, Dai Jin Kim (2017). The influence og fame genre on Internet gaming disorder. June 2017, hlm 248-155
Ding, W, Sun, JH, Sun YW, Zhou,Y, Li,L, Xu JR, Du, YS., (2013). Altered Default Network Resting State Functional Connectivity in Adolescents with Internet Gaming Addiction. Maret 2013, hlm. 1-8.
Efendi., (2014). Faktor Penyebab Bermain Game Online dan Dampak negatif bagi pelajar. Juli 2014.
Griffith, MD & Pontes., (2014). Internet Addiction Disorder and Internet Gaming Disorder are Not the Same.Desember2014,hlm.1-3.
Griffiths, MD, King,LD, Demetrovics, Z.,(2014).DSM 5 Internet Gaming Disorder: needs a unified approach to assessment, Neuropsychiatry, hlm.1-4.
Ghani, A, Rahman, A, Mohamad, RA.,(2011).EQ: Kecerdasan emosi 21 aktiviti merangsang kecerdasan emosi, Zafar SdnBhd, Malaysia
Hawi, S, Maya Samaha, Griffiths., (2018). Internet gaming disorder in Lebanon : relationships with age, sleep habits, and academic achievement. February 2018, hlm 70-78.
Jap,T, Tiatri,S, Jaya,ES, Suteja, MS., (2013). The Development of Indonesian Online Game Addiction Questionnaire. Vol 4, April 2013, hlm. 1-5.
Kholidiyah, U., (2013). Hubungan antara intensitas bermain game online dengan kecerdasan emosi.
Kuss, DJ., (2013). Internet gaming addiction: current perspectives.14 november 2013, hlm 125-137
Kuss,DJ, Griffith,MD, Pontes HM., (2017). DSM 5 diagnosis of Internet Gaming Disorder : Some ways forward in overcoming issues and concerns in the gaming studies field. May 2017, hlm. 133-141.
Kumalasari, I & Andhyantoro, I.,(2012). Kesehatan Reproduksi Untuk Mahasiswa Kebidanan dan Keperwatan, Salemba Medika, Jakarta.
KumparanTECH., (2018). Gara-Gara Video Game Remaja AS Tega tembak Sahabatnya Sendiri, 19 Februari 2018, diakses 11 April 2018, https://kumparan.com/@kumparantech/garagara-video-game-remaja-as-ini-tega-tembaksahabatnya-sendiri
Masya, H &Candra, DA.,(2016).Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X di Madrasah Aliyah Al FurqonPrabumulihTahunAjaran 2015/2016, Mei 2016,hlm.153-169
Opacic, G, Gvozden, TV, Filipovic, S., (2015). The Mediating Role of Symptoms of Psychopathology Between Irrational Beliefs and Internet Gaming Addiction. July 2015, hlm. 387-405.
Rikkers, W, Lawrence D, Hafekost, J, Zubrick, SR., (2016). Internet use and electronic gaming by children and emotional and behavioural problems in Australia – results from the second Child and Adolescent Survey of Mental Health and Wellbeing, hlm. 1-16.
Sachdeva, A & Verma, R., Internet gaming addiction : A Technological hazard. February 2017. Hlm 2-3.
Suryanto, RN.,(2015). Dampak Positif dan Dampak Negatif Permainan Game Online di Kalangan Pelajar, Oktober 2015, hlm 1-15
Sandres, JL, William,RJ, Damgaard, M.,(2017)., Video Game Play and Internet Gaming Disorder Among Canadian Adults : A Natonal Survey, December 2017,hlm. 6-12.
Tim Penulis Poltekkes Depkes Jakarta I.,(2010). Kesehatan Remaja Problem dan Solusinya, Salemba Medika, Jakarta.
Ulfa, M.,(2017).Pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku remaja di mabes game center jalan hr.subrantas kecamatan tampan pecan baru. Vol 4,Februari2017,hlm.1-13.
Young, KS & De Abreu, CN.,(2017). Kecanduan Internet : Panduan Konseling dan Petunjuk untuk Evaluasi dan Penanganan, Pustaka pelajar, Yogyakarta.
Article Metrics
Abstract Views : 1405 timesPDF Downloaded : 1313 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.